Kamis, 14 Desember 2017

alone but not lonely


Haaaaaaalooooooooo lama banget rasanya aku engga nge-post, nyaris 5 bulan aku engga buat tulisan baru. Kadang-kadang muncul ide menulis tapi bingung gimana mengembangkannya, jadi idenya berakhir tidak tertuangkan deh hehehe. Semoga tulisan kali ini bisa membayar 5 bulan yang kosong ya!
Jadi kali ini aku mau curahkan pemikiranku tentang topik yang juga menjadi judul tulisanku. 'Alone but not lonely' yang mau ku tekankan konteksnya disini adalah 'alone' yang maksudnya dalam hal jalan-jalan, atau melakukan sesuatu yang menyenangkan sendiri, misalnya jalan-jalan ke mall, nonton di bioskop, makan di restoran, atau hanya sekedar jalan ke minimarket dekat rumah.
Aku orangnya sangat menikmati waktu sendiri, waktu dimana aku hanya sendiri, bisa memutuskan aku mau berbuat apa, pergi kemana, beli apa, nonton apa, makan apa, dll tanpa harus menunggu orang lain. Mungkin juga karena aku seorang introvert, jadi aku suka me time. Aku suka saat aku nonton film di bioskop sendirian, atau ketika aku makan di restoran dengan kursi untuk 2 orang tapi hanya aku sendiri yang mendudukinya, buatku hal ini engga jadi masalah. Tapi ada orang-orang yang langsung men-judge orang-orang seperti diriku. Biasanya judgement-nya berupa 'kasihan banget sih sendirian, pasti dia engga punya pacar' atau 'kasihan deh dia sendiri, ga ada teman kali ya?'
Aku cuma pengen bilang PLEASE, jangan asal nge-judge karena apa yang kamu lihat belum tentu sama seperti kenyataan. Orang-orang yang pergi sendirian mungkin aja emang ga ada teman atau pacar, tapi bisa juga mereka pergi sendirian karena mereka lebih suka seperti itu, dan bisa aja mereka ternyata uda punya pacar atau punya teman yang banyak, tapi ga bisa ikut pergi. Banyak kemungkinan, dan aku mau tekankan disini kalau ga ada yang salah dengan pergi sendirian, dan juga orang-orang yang suka pergi sendirian bukan berarti hidupnya menyedihkan dan kami juga engga perlu dikasihani :)
Dari sekian banyak keseruan yang bisa kamu dapatkan kalau pergi beramai-ramai bareng temen, pergi sendirian juga ngga kalah seru kok. Aku kuliah di luar kota, jadi saat tiba-tiba ingin pergi belanja kebutuhan sehari-hari, atau ingin makan sesuatu yang spesifik, atau ingin nonton film tertentu di bioskop, seringnya langsung mengeksekusi rencana sendirian, karena lebih bebas juga daripada saat di rumah. Beberapa kali aku mengajak teman untuk ikut, tapi sering juga mereka menolak karena sudah punya rencana lain.


Saat aku nonton bioskop sendirian, aku bisa menonton dengan lebih tenang tanpa harus berdiskusi dengan teman sebelahku, sehingga aku bisa lebih fokus dengan jalan ceritanya. Saat aku makan di restoran sendirian, aku engga perlu sungkan memesan makanan yang aku inginkan, karena tidak perlu musyawarah dulu dengan teman yang kadang memiliki selera makanan yang berbeda, dan bisa langsung pergi setelah selesai makan karena tidak harus menunggu teman yang belum selesai makan. Saat aku jalan-jalan sendirian ke mall, aku bisa memutuskan mau kemana saja tanpa harus meminta persetujuan teman. Intinya aku merasa hidup lebih efisien dan cepat jika dikerjakan sendiri.
Dari semua pendapatku di atas, aku juga masih suka kok pergi, makan, dan nonton bareng teman-teman. Hanya saja di waktu-waktu tertentu aku juga membutuhkan waktu untuk sendirian, tanpa berinteraksi dengan siapapun. Pergi sendirian selalu memberiku hal baru untuk dieksplor, melatih diri sendiri untuk cepat mengambil keputusan, lebih fokus dengan sekitar karena kita tidak perlu terus-terusan mengobrol dengan teman kita, dan melatihku untuk lebih berani karena kita bergantung pada diri sendiri.
Untuk teman-teman yang juga suka pergi sendirian, tidak perlu berpura-pura sibuk dengan gadget kita dengan alasan kita tidak ingin terlihat seperti anak hilang. Kalau aku pergi sendirian, aku lebih suka melihat sekitar dan menyimpan gadgetku di dalam tas, begitupula kalau aku sedang makan di restoran sendirian, aku lebih suka memperhatikan sekelilingku, dan hanya mengeluarkan gadget untuk mengambil gambar atau membalas pesan penting. Tidak perlu terlalu peduli dengan apa yang kira-kira orang pikirkan dan tidak perlu merasa menyedihkan jika sedang di luar sendirian, karena pergi sendirian bukan berarti kita kesepian dan ternyata sendirian asyik juga kok!

Have a nice holiday ahead! Merry Christmas! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar